Ini Dia, Alasan Kenapa Anda Gagal Diet !


JAKARTA, TEGARNEWS.com - Dilansir Times of India, berikut hal yang paling sering menyebabkan diet Anda tak kunjung membuahkan hasil:

1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan sehat

Meskipun kacang-kacangan, alpukat, roti gandum dan minyak zaitun tergolong dalam makanan sehat, namun mereka tetap mengandung kalori. Mengonsumsinya memang akan memberikan manfaat sehat, tetapi ingat bahwa Anda masih tetap perlu membatasi konsumsinya.

2. Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan akan membuat tubuh Anda ‘bertahan’ pada lemak. Orang yang sarapan secara teratur lebih berpotensi untuk bisa menurunkan berat badan. Jadi, pastikan Anda menyempatkan diri untuk sarapan setiap pagi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Tidak mengontrol porsi

Kontrol porsi adalah salah satu kunci penting untuk mendapatkan diet yang seimbang. Itulah sebabnya mengapa penting untuk membiasakan diri menghitung kalori dan membatasi diri jika memang makanan yang Anda makan sudah cukup. Jangan memaksakan diri tetap makan meskipun Anda sudah merasa cukup kenyang.

4. Makan sambil berdiri

Makan sambil berdiri merupakan salah satu cara makan yang tidak sehat. Usahakan untuk menyediakan waktu khusus untuk makan dan lakukan sambil duduk sampai makanan tersebut habis.

5. Tidak cukup tidur

Jika Anda sedang dalam usaha penurunan berat badan, maka cukup tidur setidaknya tujuh jam setiap malam adalah mutlak. Istirahat dan tidur akan membantu memulihkan energi dalam tubuh, sehingga melewatkannya akan mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk mengontrol nafsu makan.

6. ‘Memanjakan’ diri dengan makanan rendah lemak

Hati-hati, kemasan makanan berkalori rendah dan makanan rendah lemak (low fat food) bisa menipu. Sebab faktanya mereka juga mengandung bahan kimia tambahan seperti gula atau sodium ekstra. Tak hanya kurang bergizi, makanan jenis ini pada akhirnya membuat Anda menjadi makan dengan porsi yang justru lebih banyak.

7. Kurang makan sayuran

Lima sampai tujuh porsi harian buah dan sayuran sangat penting untuk semua orang. Serat yang banyak terkandung di dalamnya akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga akan lebih terasa manfaatnya pada mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.


Editor: Steveno

Posting Komentar

0 Komentar