Meletusnya Anak Gunung Rinjani Memicu 5 Gempa Bumi Di Indonesia!


JAKARTA, TEGARNEWS.com - 5 gempa bumi secara berturut-turut mengguncang Indonesia sepanjang Rabu (4/11/2015), dimulai dari Alor, Garut, Pandeglang, dan Nias.

Gempa bumi yang mengguncang beberapa wilayah di Indonesia tersebut terjadi ditengah aktifnya anakan Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang juga mengalami erupsi.

Pagi tadi, letusannya setinggi 1.500 meter dari puncak Gunung Barujari atau 3.800 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Dengan adanya bencana alam yang terjadi di Indonesia tersebut, lantas apakah ada hubungannya antara gempa bumi yang terjadi dengan meletusnya anakan Gunung Rinjani tersebut.

Seorang ahli gempa yang juga pernah menjabat sebagai Kasi Informasi Gempa BMKG Suharjono menjelaskan jika letusan gunung dengan gempa yang terjadi itu merupakan hal yang wajar.

Kedua aktivitas bumi tersebut terjadi akibat adanya pergerakan lempeng tektonik , namun letusan gunung dan gempa bumi tersebut tak memberi dampak apapun .

“Baik gempa maupun gunung berapi terjadi akibat aktivitas pergerakan lempeng. Tapi bukan gempa berdampak pada gunung. Gunung (meletus) dan gempa lebih disebabkan oleh pertemuan lempeng,” jelas Suharjono seperti yang dikutip dari Liputan6 di Jakarta, Rabu (4/11).

Jadi kita sekarang mengetahui jika letusan gunugn dan gempa tersebut merupakan akibat dari adanya pertemuan lempeng. “Ini konsekuensi logis pertemuan lempeng. Bukan hal yang aneh,” imbuh dia.

Suharjono menambahkan selama bumi berputar, maka di dalam bumi ada arus konversi yang akan membuat lempeng terus bergerak. Dengan adanyaa pertemuan lempeng itu, maka disitulah ada sumber gempa dan titik-titik gunung berapi.

Seperti yang diketahui jika di Kabupaten Alor, gempa terjadi sebanyak empat kali. Adapun satu kali gempa melanda Kabupaten Kupang.

Tanah Alor kembali bergetar oleh gempa berkekuatan 4,5 SR sekitar pukul 12.34 Wita untuk yang ke empat kalinya . Lokasi gempa pada 8,33 LS dan 125,12 BT pada jarak 46 kilometer tenggara Alor di kedalaman 10 kilometer.

Gempa bumi terakhir, berkekuatan 4,6 SR, terjadi sekitar pukul 21.23 di 8,20 derajat LS dan 125,03 derajat BT pada kedalaman 10 kilometer dengan lokasi 37 kilometer timur laut Alor.

( Baca juga Gempa di Sabang ACEH )


Editor: Steveno

Posting Komentar

0 Komentar